Intro to Problem Solution Fit Canvas


Apa itu Problem Solution Fit Canvas?

Problem Solution Fit Canvas merupakan tools untuk membantu mengidentifikasi solusi kita mempunyai peluang untuk “layak jual” degan menemukan pelanggan yang mau menggunakan, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pengujian, dan mendapatkan gambaran umum yang lebih baik tentang situasi pasar saat ini. Problem Solution Fit Canvas dikembangkan oleh Daria Nepriakhina (2016), dengan tujuan untuk membuat sebuah tools yang dapat mengubah problem menjadi solusi dengan mempertimbangkan perilaku customer dan konteksnya. Dengan tools ini kita dapat mempertimbangkan informasi penting pada tahap awal dan melihat pemecahan masalah tersebut secara mendalam. Tools ini juga meningkatkan peluang kita untuk menemukan problem solution dan product market fit.

Kenapa Problem Solution Fit Canvas, Memecahkan masalah kompleks dengan cara yang sesuai dengan keadaan pelanggan Anda.

  • ·Lebih cepat dan meningkatkan adopsi solusi dengan memanfaatkan media dan channel perilaku yang ada.
  • Mempertajam strategi komunikasi dan pemasaran dengan trigger dan message yang tepat.

Problem Solution Fit Canvas terdiri 4 bagian yang terdiri dari :

  1. Customer State Fit

Untuk membantu anda memahami customer pilihan kamu, keterbatasan mereka serta solusi yang tersedia, terakhir yang akan anda lawan dan siapa customer segment yang kamu pilih. Untuk membantu mengisi kamu dapat menjawab pertanyan dibawah ini :

  • Apa yang membatasi customer kamu untuk bertindak saat Terjadi masalah?
  • Solusi apa yang tersedia bagi pelanggan ketika dia menghadapi masalah?
  • Apa yang customer pernah mencoba solusi alternatif yang sudah ada?
  • Apa pro/kontra dari solusi yang ada?
  1. Problem Behavior Fit

Untuk membantu kamu memfilter dan mengidentifikasi masalah yang paling urgent dan sering untuk segera diselesaikan, dan memahami alasan sebenarnya di baliknya dan perilaku yang mendukungnya. Untuk membantu mengisi kamu dapat menjawab pertanyan dibawah ini :

  • Masalah apa yang kamu ingin pecahkan untuk customer anda?
  • Seberapa sering masalah ini terjadi?
  • Apa penyebab dari setiap masalah ?
  • Apa yang customer lakukan tentang masalah saat ini ?
  • Seberapa sering perilaku terkait ini terjadi?
  1. Communication Channel Fit

Untuk membantu anda mempertajam komunikasi anda dengan trigger yang kuat, pesan emosional, dan menjangkau customer melalui channel yang tepat.

  • Apa yang memicu customer untuk bertindak?
  • Emosi apa yang dirasakan orang sebelum / setelah masalah terselesaikan?
  • Di media apa terjadinya perilaku ini terjadi? Analisis channel online dan offline dari bagian Behavior.
  1. Solution Guess

Untuk mencocokkan data yang dikumpulkan dengan solusi tepat yang sesuai dengan behavior dan customer limitations. Untuk memiliki peluang adopsi solusi yang lebih tinggi, kamu dapat ikuti tips ini :

  • Pikirkan kemungkinan solusi yang sesuai dengan batasan customer, memanfaatkan behavior yang ada, menyerupai apa yang sudah akrab dengan customer segment yang dipilih.
  • Pilihlah solusi terbaik dari alternatif solusi yang ada dengan memanfaatkan customer behavior yang ada, dan pastinya harus memecahkan masalah nyata yang dapat dimengerti dan mudah diakses

Untuk memudahkan kamu mengisi ini adalah resume apa yang