Penggunaan Board Amoeba
Board Amoeba merupakan Agile Project Management Tools yang bisa digunakan untuk berkolaborasi menggunakan Metode Scrum maupun Kanban
Ruang Lingkup
Ruang lingkup dari dokumen penggunaan Board ini diantara lain adalah :
- How to access board & create an account
- How to create project
- How to add backlog & Task
- How to invite team or members & Assign to Backlog / Tasks
- How to create sprint & update board
- How to customize the board
How to access board & create an account
- Akses ke board.digitalamoeba.id
- Create Akun baru dengan klik “Signup” dan isi form detail yang disesuaikan dengan kebutuhan
- Cek inbox email yang digunakan dengan subject “You’ve been Taigatized” untuk Verifikasi akun via email dengan klik “Confirm Email”
- Atau dapat login menggunakan Single Sign On dari akun Gitlab Amoeba yang sudah terdaftar sebelumnya
How to create project
- Pada tampilan awal klik “New Project”
- Pilih project sesuai dengan kebutuhan (scrum / kanban / duplicate project / import project)
- Mengisi informasi detail terkait project serta visibility dari project
How to add backlog & Task
- Pada tampilan awal project di fitur “Backlog” dan klik “New User Story” atau “+ User Story”
- Menuliskan informasi detail terkait backlog atau user story yang ingin di-input
- Menambahkan Task List atau detail pekerjaan dari setiap Backlog dengan klik salah satu Backlog dan menuju ke bagian “Tasks”
How to invite team or members & Assign to Backlog / Tasks
- Pada Fitur “Settings” pilih “Members” kemudian klik “+New Member”
- Meng-input email team yang ingin di-invite beserta role pada projectnya.
- Assign Members pada Backlog atau Tasks dengan kembali ke fitur Scrum kemudian pilih Backlog yang ingin di-assign
How to create sprint & update board
- Kembali ke fitur Backlog kemudian pada bagian kanan di “Sprints” dan klik “Add sprint+”
- Input Informasi detail terkait sprint yang ingin dijalankan
- Drag and Drop Backlog yang mau di-input pada Sprint
- Melihat progress sprint pada kanban yang ada pada fitur “Sprint X” dibawah “Backlog”
- Drag and drop Tasks sesuai dengan progress yang ada (In progress / Ready For Test / Closed / Dll)
How customize the board
- Menambah Fitur atau Modul dengan mengakses fitur “Settings” kemudian “Projects” dan pilih “Modules”
- Meng-edit Attributes dengan mengakses fitur “Settings” kemudian “Attributes” dan pilih “Statuses”
- Menambah Role dengan mengakses fitur “Settings” kemudian “Permissions” dan pilih “+New Role”